Thursday, November 29, 2012

DAYET a.k.a DIET

It is a miracle. Rasanya sih makan udah banyak banget banget banget. Tapi pas nimbang.. phew. Tetap dan tidak berubah. Wooo. Awal - awal semester memang saya menjalankan diet yang awalnya bukan bermaksud untuk diet. Sebelumnya saya sudah hopeless loh kayaknya badan ini nggak mau deh turun lagi beratnya mau diapain pun juga. Then i pray! Seriously. Even if it is small thing. Then pas liburan saya berhasil menurunkan sedikitt banget but it was kinda amusing. Then minggu pertama masuk kuliah, Itu sama sekali tidak ada keinginan untuk menyentuh makanan! hanya buah dan sayur - sayuran. Minggu berikutnya makan siangnya sudah terserah diriku. Minggu berikutnya mulai ngemil - ngemil, minggu berikut - berikutnya.. Aaah cape juga makan buah doang haha. Tapi saya pun berhasil untuk menurunkan sekian persen berat badan saya sebelumnya.

What i learn is, cara ingin kurus dan ingin gemuk itu sama. Makan makanan yang sehat dan bergizi.
The most important is mindset. Jangan sampai diet karena ingin kurus tetapi diet lah karena ingin hidup sehat. Kalau objektifnya karena ingin kurus, itu makan memang sedikit - sedikit tapi keinginan untuk makan nya itu semakin besar. Sedikit - sedikit lama - lama menjadi bukit.

I will share it to you because i cannot hold the good things happened to me. I want you to know the good things in LIFE! woohooo.

Tips dari saya:
1. Jangan atau kurangi makan nasi putih. Nasi putih adalah makanan yang tidak ada nutrisinya. Setelah di giling, nasi itu memang bagus banget. Putih, jernih, wangi, dan legit rasanya. Tetapi nasi yang kita makan sehari - hari sudah mengalami oksidasi karena gabahnya sudah dibuang. Akibatnya nasi itu berkontak langsung dengan udara dan menghasilkan reaksi kimia yang membuat nutrisi dari nasi berguna. Sepertinya sih gula itu sifatnya berat dan karbo. Jadi mungkin hanya itu yang tersisa di dalam nasi putih. Saya sarankan untuk memakan nasi merah atau menggantinya dengan kentang.

2. Jangan atau kurangi makan roti putih. Sebagai substitute, roti gandum pun oke tetapi untuk orang bergolongan darah B jangan memakan roti sama sekali karena raginya yang membuat tubuh semakin melebar. Waktu tantenya dorm mate saya yang dari China datang, dia memberikan saya saran untuk tidak memakan bing gan atau pao sama sekali. Biskuit atau roti. Anw, She is a doctor. So, i believe her and committed not to eat those pleasure too often.

3. Jangan makan malam. Segala makanan yang dimakan 4 jam sebelum tidur akan menjadi lemak pada hari berikutnya. Menjadi stagnan di dalam usus dan membuat perut semakin membuncit. Eugh. Karbohidrat sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai makan malam. Selain proses pencernaannya yang membutuhkan waktu yang lama, waktu malam hari tidak akan membuang energi sebanyak siang hari for most people.

4. Jangan makan gorengan. You may not know how much oil in a piece of bakwan. eugh. More than what you think. Coba sekali - kali peres deh :D

5. Kurangi cemilan. Biasanya kalori cemilan itu lebih besar dari nasi. Saya benar - benar mengurangi cemilan dan it works!

5. Berpikir untuk hidup sehat. Bukan untuk diet

6. The hardest part for me: EXERCISE! *lalalalala Untuk mengecilkan memang bagian dari mengatur pola makan, tetapi untuk membentuk tubuh, olah raga lah yang paling efektif.

7. Hakuna Matata. Don't worry, Be happy. Things will happen the way you imagine. So, do not worry and imagine your ideal body :D :D :D

8. Enjoy the process. Buah dan sayur, kacang - kacangan, ikan, dan salad adalah hal yang menyenangkan! Be happy!

Penting loh untuk menjaga kesehatan. It shows how much we love people surrounding us. Bayangkan kalau pola hidup kita tidak sehat and kita jatuh sakit, yang sengsara siapa? Our (future) spouse and children, parents, siblings, even our friends.

If you love them, stay healthy!

Smooch,
(Try to be) Healthy me.


No comments:

Post a Comment

WELCOME to my BLOG

 = get your chips and read enjoyingly  =

Today's quote

happy with your life. Express it. enjoy every shits.

Search This Blog