Saturday, April 14, 2012

Hanya Dengan Sekejap Mata



Semua ide yang cemerlang biasanya hanya berasal dari sebuah angan – angan yang belaka. Bahkan orang lain bisa berkata kalau ide itu gila sampai dikira sakit jiwa. Beberapa ratus tahun lalu, ada seorang pria yang mengatakan kalau orang bias terbang itu tidaklah mungkin, atau orang yang masih dapat terdengar suaranya itu terdengar gila, mungkin horror juga ya dia ngebayanginnya. Tapi, pesawat pun membuat semuanya itu mungkin. Kaset, CD, MP3 pun adalah hal yang biasa untuk jaman sekarang. Tak akan lagi dibilang horror kalau suara orang yang sudah meninggal pun masih terdengar dimana – mana. Buktinya, suara Whitney Houston dan Michael Jackson pun melegenda, apalagi sejak kematian mereka yang cukup mendongkrak popularitas mereka. Orang yang pada awalnya tidak percaya pun akan dibilang aneh kalau dia hidup di jaman sekarang, atau kolot.

Aku mau berbagi tentang angan – anganku yang kurasa memang tidak mungkin kecuali kalau lewat kekuatan supranatural yang aneh – aneh. Aku tidak akan berkata bahwa ini menjadi kenyataan, hanya berpikir, kalau ini terjadi. Tanpa panjang dan lebar, aku sempat berpikir tentang sesuatu yang menghemat transportasi, biaya, energi, uang, dan yang cukup penting, waktu. Aku berpikir demikian karena ada yang menanyakan padaku, seandainya aku diberi kesempatan untuk memiliki kekuatan supranatural, apa yang aku mau? Ada yang menjawab ingin jadi kuat, ada yang menjawab ingin menjadi superman, atau ingin terbang. Aku hanya ingin.. berpindah tempat.


Maksudnya? Jadi, aku berpikir untuk berpindah tempat. Ya. Bukan kabur tentunya. Tetapi aku ingin pergi kemanapun aku ingin hanya dalam sekejap mata. Aku memejamkan mata sebentar, lalu aku mulai membayangkan. Aku membayangkan berada di sebuah ruangan yang remang – remang tetapi hangat, dengan hamparan furniture kayu dan suasana old American house style lengkap dengan tempat pembakaran apinya. Hangat, namun membosankan. Dan aku pun membayangkan, aku –yang aku bayangkan- itu memejamkan mata juga, lalu aku merebahkan telapak tanganku satu dengan yang lain dengan posisi vertical di depan dada, dan wuzz aku berada di atas air terjun Niagara – gara! Aku melihat sekitarku dengan senyum sumringah, karena aku belum pernah kesana tentunya sehingga itu menjadi hal yang baru bagiku. Aku duduk di tepia tebingnya sambil menikmati air terjun yang mengalir menyerobot satu sama lain dan aku menikmati semilir angin dan alunan suara gemericik air yang tanpa sadar membawa kakiku berdansa mengikuti irama yang menenangkan itu. WAW.

Atau, kalau aku sedang suntuk dengan pekerjaan – pekerjaan perkuliahan yang main tidak masuk akal, dengan sekejap mata, TING!!! Aku sudah berada di Venice menikmati indahnya struktur bangunan authentic mereka dan dapat mencoba makanan khas sana. Kalau ingin ke tempat yang ekstrim, aku dapat mengunjungi kutub utara dan merasakan bekunya salju langsung di kulitku dan memakan daging rusa, atau daging salmon yang segar. Wah.. dan tanpa biaya pesawat yang pastinya sangat mahal, tanpa membuang waktu, mungkin menghemat beberapa hari perjalanan, menghemat energi, dan aku tidak perlu membawa koper untuk tinggal disana. Aku dapat ke rumah ku kapanpun aku mau dan aku membutuhkannya.

Andaikan..
Tentunya, aku juga dapat memikirkan hal itu dengan konsekuensi buruknya. Kalau orang dapat melakukan hal yang sama, seperti di film JUMP, dia dapat dengan mudahnya merampok bank tanpa diketahui oleh siapapun. Atau dia dapat ‘kabur’ kemanapun dia ingin melepas tanggung jawabnya. And we are not created to leave our all of our problems. We are created to be strong enough to face every circumstances. Seperti itulah kira – kira. Sesuatu yang terlihat menyenangkan bagi seseorang, pasti akan merugikan pihak – pihak lainnya.
Tetapi, dibalik itu, aku kembali memikirkan hal ini ketika aku duduk di mobil menikmati perjalanan dari Cikarang ke Kuningan, Jakarta, dan seperti yang memang biasa terjadi, mobil yang kami tumpangi dilanda macet. Kalau aku mempunyai kemampuan ini, aku dapat menghindari macet! Kalau semua orang mempunyai kemampuan ini, tidak ada yang namanya macet! Tetapi ya tentu saja mubazir semua jalan yang dibuat, tol – tol, jembatan – jembatan, dan seluruh alat transportasi, mulai dari pesawat, mobil, angkutan umum, motor, bus, dan lainnya. Ternyata konsekuensinya lebih sulit ya dibayangkan.

Ternyata ‘FUN’ doang itu nggak berarti ya..



No comments:

Post a Comment

WELCOME to my BLOG

 = get your chips and read enjoyingly  =

Today's quote

happy with your life. Express it. enjoy every shits.

Search This Blog