Wednesday, March 28, 2012

Selain masak, apa sih gunanya garam? ( Kegunaan garam )




Sedikit garam memang berguna untuk tubuh, bahkan orang yang kurang yodium yang dikandung garam laut pun akan terserang penyakit tertentu. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi garam pun memang tidak baik bagi kesehatan, apalagi orang yang ingin diet seperti..... ehm. Okay, mari lanjutkan. Menurut Dailymail, mengonsumsi lebih dari satu sendok teh garam per hari dapat meningkatkan resiko penyakit alzheimer pada orang usia lanjut. Dalam penelitian Trials of Hypertension Prevention (TOHP) oleh Epidemolog Nancy R. Cook dan timnya berlebihan mengonsumsi sodium akan menyulitkan kerja ginjal sehingga cairan antarsel menjadi lebih banyak yang tidak baik bagi pembuluh darah dan kesehatan jantung. Sementara itu, sodium diperlukan untuk mengantarkan rangsangan pada sistem saraf dan menjaga agar mineral tetap tercukupi dalam tubuh.

Berita baiknya, jika kamu mempunyai kelebihan persediaan garam di rumah, tidak usah mengonsumsi semuanya toh, tetapi ada banyak kegunaan garam yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya. Saya pun baru tahu kegunaan - kegunaan ini selain untuk memasak dan mngusir ular pada saat camping. Here we go.. Tetapi, semuanya belum saya coba, jadi percaya tidak percaya, silahkan coba :)


#1 Menghalangi kedatangan semut.
 Taburkan garam secukupnya di pintu ataupun jendela, maka semut pun tidak akan hadir tanpa diundang.

#2 Membunuh rumput, maupun rumput liar.
Daripada terus - menerus mencabuti rumput liar pada area jalan di taman, garam bisa digunakan untuk membunuh rumput liar tersebut dengan menaburkan garam di rumput dan siramkan air mendidih. Cara ini sangat efektif dan mudah, juga murah dan ramah lingkungan loh untuk membunuh hama - hama liar.

#3 Membunuh kutu
Kalau kamu punya anjing yang penuh kutu, cucilah kandang anjing dan selimut dengan air garam. Taburkan garam ke karpet, sikat, lalu diamkan selama 12 jam dan vacum it untuk mencegah anjing membawa kutu ke dalam rumah.

#4 Membersihkan tumpahan telur
Lagi masak asik - asik, tiba - tiba telur tumpah. Ohhh nggak banget, tapi jangan khawatir! Cukup taburkan garam dan biarkan selama 20 menit, maka akan menimbulkan reaksi kimia (emm sotoy saya) yang dengan mudah dapat anda bersihkan.

#5 Membersihkan sisa - sisa di dalam pemanggang
Caranya adalah dengan menaburkan segenggam garam ke atas sisa makanan di dalam oven, maka jika dipanggang akan mudah dibersihkan setelah dingin.

#6 Membersihkan noda hitam di setrika
Hanya dengan menaburkan garam ke atas kertas wax, gosok setrika kamu, dan gosok pelan - pelan dengan sikat perak, maka setrika kamu niscaya akan kembali seperti baru.

#7 Mengangkat karat pada teko kopi
Isi teko dengan 1/4 gelas garam dapur dan 12 es batu, lalu kocok dan diamkan selama setengah jam, isi dengan air dingin dan cucilah, maka teko baru akan mengganti teko lama kamu.

#8 Menjaga kaca mobil depan tidak beku.
Rendam sponge ke dalam air garam dan gosokkan ke jendela, maka jendela pun tidak akan beku. Tapi tips ini tentu tidak akan berguna di negara kita. :)

#9 Menetaskan kacang dengan mudah
Rendam kacang pecan dan walnut di dalam air garam selama beberapa jam sebelum mau menetaskan atau mengupasnya.

#10 Membuat lilin tidak bercerai - berai
Rendam lilin baru ke dalam garam selama beberapa jam, maka setelah lilin dinyalakan, itu tidak akan tercerai - berai

#11 Mengurangi rasa sakit sengatan lebah
Apabila tersengat lebah, basahi sengatan lalu taburkan garam.

#12 Mencegah kebakaran
Kalau lagi memasak dan tiba - tiba api membesar, maka taburkanlah garam di atasnya maka api akan melunak.

#13 Tips untuk mengakali manis
Kemanisan? Maka tambahkan garam pada masakan.

#14 Menjinakkan api pada saat BBQ
Api yang disebabkan lemak akan membesar, tetapi apabila diberi sedikit garm, maka api itu akan mengecil.

#15 Mengusir ular dan serangga
Pada saat camping, taburi garam blok ke sekitar area perkemahan, maka ular dan hewan darat pun enggan untuk lewat.






No comments:

Post a Comment

WELCOME to my BLOG

 = get your chips and read enjoyingly  =

Today's quote

happy with your life. Express it. enjoy every shits.

Search This Blog